Dapil Pileg 2019 Ditetapkan Mei

oleh -135 views
Komisioner KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq

BANDUNG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mulai memetakan daerah pemilihan (Dapil) pemilu 2019 pada akhir Desember ini. Sementara penyusunan dapil akan dilakukan pada Mei 2018. “Prosesnya penyusunan dapul sekitar lima bulan sebelum ditetapkan,” ujar Komisioner KPU Jawa Barat bidang teknis, Endun Abdul Haq, Senin (25/12/2017).

Dalam pemetaan dapil, KPU tiap daerah melakukan kajian pemetaan wilayahnya masing-masing. “Kami minta apabila ada perbedaan segera berkoordinasi dengan kami,” sebutnya.

Menurut Endun, permasalahan pemetaaan dapil bukanlah perkara mudah. Namun butuh kecermatan dan ketelitian terutama daerah yang baru dimekarkan. “Jika tidak singkron dengan data yang sudah ditetapkan dari pusat segera klarifikasi dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait terutama daerah pemekaran baru,” tuturnya.

KPU mengacu pada Peraturan KPU Nomor 05 Tahun 2013. Nah Pemilu 2019 nanti KPU hanya menetapkan dapil dan alokasi kursi Anggota DPRD di Kota dan Kabupaten sebanyak 3-12 kursi perdapilnya. (mon)