Tertarik Jadi Pengawas Pemilu, Silakan Daftar..!

oleh -141 views

CIMAHI – Membantu pengawasan pada Pemilihan Gubernur 2018, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi mulai membuka pendaftaran bagi Panitia Pengawas Lapangan (PPL).

Dikatakan Koodinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Panwaslu Cimahi, Jusapandy, perekrutan anggota PPL ini untuk mengawasi tahapan Pemilu agar tidak terjadi pelanggaran.

“Nanti dari tiap kelurahan harus ada perwakilannya,” kata Jusapuandy, di Kantor Panwaslu Cimahi, Jalan Sangkuriang, Selasa (26/12/2017).

Sementara untuk waktu pendaftarannya mulai dibuka pada tanggal 29 dan akan ditutup pada 4 Januari 2018. Untuk formulir bisa diambil di Panwaslu Kota, dan Panwaslu Kecamatan.

Dalam perekrutan tersebut, kata Jusapuandy, apabila kuota yang dibutuhkan masih kurang, akan dibuka kembali tanggal 5 Januari 2018. Menurutnya, meski hanya dibutuhkan 15 orang saja, namun diharapkan peserta yang ikut lebih banyak dari kuota.

“Kalau lebih banyak, akan banyak pilihan, sehingga bisa terjadi regenarasi,” tuturnya.

Dalam tahap seleksi nanti, dia menjelaskan, akan dilakukan tes wawancara terkait wawasan kepemiluan sejauh mana pengetahuannya. Apabila memenuhi kriteria, akan kembali diberikan wawasan tambahan agar, para PPL tersebut tidak salah bertindak ketika turun langsung ke lapangan.

“Intinya kita tidak ingin terjadi kesalahan saat bekerja. Saya harap mereka nanti bisa maksimal,” ungkapnya.

Dalam tugasnya nanti, jelas dia, anggota PPL akan menyampaikan temuan maupun laporan yang terjadi di lapangan kepada Panwaslu Kota. Tentunya yang berkaitan dengan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS). Sebab, hal itu bisa mengakibatkan terganggunya penyelenggaraan tahapan Pemilu.

Selain itu PPL juga berhak menyampaikan laporan pengawasan atas tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kerjanya masing-masing kepada Panwascam dan melaksanakan kewajiban lainnya.

“Laporan juga bisa langsung dilakukan ke Panwas Kota. Jadi kita juga mudah dalam melakukan tindakan apabila terjadi sesuatu dil lapangan,” tandasnya. (mon)