Disdik Lemah Awasi ASN Terlibat Dukungan Paslon, Panwas tak Berdaya

oleh -61 views
DUKUNGAN: Dugaan pelanggaran ASN di UPT Disdik Kecamatan Cipongkor nampak saat foto bersama Paslon Hengky Kurniawan.

CIPONGKOR – Keterlibatan Aparatur Sipil Negara ( ASN ) Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam dukung mendukung pasangan bakal calon (Paslon) kembali terjadi.

Setelah beredar foto ASN Disdik di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPT) Lembang mendukung pasangan Paslon Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati, kini beredar lagi foto di whatsapp ASN berfoto bersama Paslon Artis Hengky Kurniawan yang berpasangan dengan Aa Umbara Sutisna. Para ASN dari UPT Cipongkor Dinas Pendidikan nampak bergaya selfi bersama Hengky.

Tentunya, kelakuan para ASN yang dianggap telah melanggar aturan di pilkada mengundang protes keras dari semua kalangan masyarakat.

“Masalah ini menunjukkan lemahnya fungsi pengawasan dari disdik itu sendiri,” ujar Direktur Pusat Kajian Politik Ekonomi dan Pembangunan (Puskapol Ekbang), Kholid Nurjamil, Selasa (23/1/2018).

Pihaknya berharap, para bakal calon bupati dan wakil bupati tidak menarik ASN ke wilayah politik praktis. “Pejabat pembina kepegawaian wajib mensosialisasikan larangan beserta sanksinya. Walaupun saat ini banyak rumor yang beredar ASN diarahkan dan digerakkan untuk mendukung dan memenangkan pasangan tertentu,” katanya.

“Semoga itu tidak terjadi karena itu akan mengganggu pelayanan publik, politisasi aset negara dengan penyalahgunaan aset negara dan akan terjadi penyalahgunaan APBD,” tambahnya lagi.

Anggota Panwas KBB, Atep Nufallah mengatakan, dirinya tidak bisa memproses apabila tidak ada pelapornya. “Silakan masyarakat melaporkan akan kami proses,” tegasnya. (wie)