KNPI Bantu Pemkot Cimahi Sukseskan Pembangunan

oleh -60 views

CIMAHI – Sebagai elemen penting masyarakat dalam pembangunan suatu daerah, peran pemuda tentunya sangat diharapkan memaknai kebijakan pembangunan daerah.

Mewujudkan hal tersebut, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Cimahi berupaya sinergikan program kepemudaan dengan pemerintah.

Ketua KNPI Kota Cimahi, Yusuf Hadriyana, mengatakan, banyak hal yang bisa dilakukan pemuda khususnya di Cimahi untuk membangun daerahnya.

“Kita akan upayakan program kepemudaan di Cimahi bisa dikerjasamakan dengan pemerintah. Intinya agar terjalin komunikasi yang baik,” kata Yusuf, di Lingkungan Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (22/1/2018).

Agar pemuda tidak lagi hanya berpangku tangan atau menunggu inisiasi dari pemerintah daerah, lanjut dia, sesuatu yang harus diprioritaskan di Cimahi adalah, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab, di Cimahi kekurangan Sumber Daya Alam (SDA) sehingga, kecil kemungkinan untuk bisa dikembangkan.

“Tempat wisata di Cimahi sangat sedikit karena, kekurangan lahan. Tapi kalau kualitas SDM terutama pemuda ditingkatkan maka akan mampu memberikan yang terbaik bagi daerahnya,” tuturnya.

Menurut dia, menghadapi era globalisasi ini peran pemuda perlu ditunjang dengan pengetahuan, keterampilan atau, skill yang mempuni agar mampu bersaing. Terlebih, pemuda merupakan generasi penerus bangsa.

“Jangan sampai ketika akan melakukan suatu pekerjaan, mereka tidak tahu apa-apa,” ucapnya.

Ia pun menilai, sejauh ini kiprah pemuda di Cimahi kurang terakomodir sehingga, potensinya tidak tergali. Akibatnya, banyak pemuda yang melakukan hal negatif karena, potensinya tidak tersalurkan.

“Makanya kita akan sinergikan program kepemudaan ini dengan pihak pemerintah dengan harapan, pemuda di Cimahi memiliki kualitas yang cukup dalam membangun daerahnya,” pungkasnya. (mon)