KPU KBB Gelisah Tunggu ‘Calon Pengantin’

oleh -91 views
PILKADA: Sekretarian KPU KBB masih sepi pendafar calon bupati/wakil bupati KBB yang berangkat dari partai politik, Senin (8/1/2018).

PADALARANG-Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Jalan Raya Purwakarta, Senin (8/1/18) masih sepi. Padahal hari ini merupakan hari pertama pendaftaran pasangan calon bupati/wakil bupati Bandung Barat untuk periode 2018-2023.

Sejumlah kursi yang digelar di ruang pendaftaran, maupun di halaman sekretariat masih lengang. Hanya beberapa orang petugas keamanan dari Polres Cimahi dan Satuan Polisi Pamong Pradja (Satpol PP) KBB yang bertugas melakukan pengamanan di sekitar itu.

“Belum ada pemberitahuan secara resmi dari partai apakah hari ini ada yang mau daftar atau tidak. Kita sudah melakukan konfirmasi ke nara hubung partai masing-masing tapi belum ada informasi lebih lanjut,” ujar Ketua KPU KBB Iing Nurdin.

Dikatakan Iing untuk tahapan pendaftaran dimulai 8 Januari 2018 mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan penutupan Rabu (10/1/18) hingga pukul 24.00 WIB. Kemungkinan para partai akan mengambil pendaftaran tersebut pada hari terakhirnya.

Beberapa nara hubung partai seperti Demokrat menyatakan secara lisan pendaftarannya Rabu. Begitu juga dengan Golkar juga menyatakan kesiapannya Rabu. “Pak Iwan (Ketua DPD Demokrat) katanya Rabu jam 10.00. Pak Asep IB (Sekretaris Golkar) Rabu juga. Cuma kalau Pak Ebun (Ahmad Dahlan, LO PDIP) belum memberikan informasi,” ucapnya.

Ia juga menegaskan, sesuai tata tertib (tatib) KPU bahwa pemberitahuan dari partai tentang itu seharusnya sehari sebelum pendaftaran. Karena KPU harus mempersiapkan segala sesuatunya.

“Kita bicara pada kehadiran orang. Pastinya kalau banyak orang, potensi gesekan-gesekanpun bisa terjadi. Makanya saya harapkan pemberitahuan pendaftaran kita terima sehari sebelumnya,” tuturnya.(wie)