PKPI dan Hanura Belum Lolos Verifikasi Faktual Parpol

oleh -102 views
Ketua Pokja Verifikasi Parpol KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya

SOREANG- Dua partai politik di Kabupaten Bandung belum memenuhi syarat verifikasi faktual partai politik yang dilakukan KPU Kabupaten Bandung.

Sementara, di Kabupaten Bandung
ada 14 parpol yang mengikuti tahapan verifikasi ini, dan hasil dari verifikasi 12 parpol dinyatakan lolos. Sementara 2 parpol belum memenuhi syarat (BMS) yaitu PKPI dan Hanura.

Kedua partai yang belum memenuhi syarat ini, diberikan kesempatan untuk memperbaiki kekurangannya sampai tanggal 5 Februari dan hasilnya akan diumumkan KPU tanggal 6 Februari 2018.

“Rata – rata kekurangan dari pihak parpol adalah KSB (ketua, sekretaris, bendahara), domisili dan juga anggota,” ujar Ketua Pokja Verifikasi Parpol KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya, Sabtu (3/2/2018).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53 Tahun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 5 dan 6 Tahun 2018, mewajibkan seluruh Partai politik (Parpol) untuk di verifikasi sebagai syarat untuk bisa mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Semua Parpol yang hendak menjadi peserta pemilu 2019 wajib memenuhi persyaratan pendaftaran sesuai dengan putusan MK bagi parpol yang akan menjadi peserta pemilu 2019 harus di verifikasi kembali,” katanya.

Menurutnya, sesuai dengan tahapan tersebut, mengenai hasil verifikasi parpol calon peserta pemilu 2019 tangggal 2 Februari adalah penyampaian hasil perifikasi partai politik peserta pemilu 2019 pascaputusan Mahkamah Konstitusi, secara serentak seluruh wilayah di Indonesia.

Seperti dikerahui tahapan verifikasi dimulai dari tanggal 30 – 31 Januari dan berakhir pada tanggal 1 Februari. (fen)