Sah, Tiga Paslon Maju Dipilkada KBB

oleh -90 views
KANDIDAT: Tiga Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati KBB ditetapkan sebagai calon yang maju di Pilkada KBB 27 Juni dalam rapat pleno terbuka KPU KBB, Senin (12/2/2018).

PADALARANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menetapkan tiga pasangan calon (paslon) Bupati/Wakil Bupati Bandung Barat periode 2018-2023, Senin (12/2/18) di Sekretariat KPU KBB Jalan Raya Tagog Apu Padalarang-Purwakarta.

Ketiga paslon yang telah lolos verivikasi tersebut Aa Umbara Sutisna-Hengki Kurniawan, Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati dan paslon Elin S Abubakar-Maman S Sunjaya. Sementara paslon dari jalur perseorangan Ikkeu Dewi Sartika-Uben Dada Priatana gagal menjadi paslon karena tidak memenuhi persyaratan dukungan suara.

Ketiga paslon tersebut hadir lengkap dalam tahapan KPU tersebut. Hadir dalam agenda tersebut Bupati Bandung Barat H. Abubakar, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara dan Dandim 0609 Kabupaten Bandung Letkol Arh. A.Andre Wira Kurniawan, SAp, MSi, perwakilan partai pengusung dan sejumlah undangan hadirin lainnya.

“Secara sah kami umumkan bahwa ketiga pasangan bakal calon dari jalur partai telah sah sebagai calon paslon. Persyaratannya sudah sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku,” ujar Ketua KPU KBB Iing Nurdin.

Terkait balon dari jalur perseorangan yang tidak lolos kata Iing, dukungan suaranya hingga 20 Januari 2018 hanya mampu mengumpulkan 7.813 dukungan. KPU sesuai ketentuan mengharuskan suaranya harus dua kali lipat dari kekurangan suara atau sekitar 116 ribu dukungan.

Tahapan selanjutnya kata Iing, untuk Selasa (13/2/18) adalah penomoran bagi ketiga paslon tersebut. “Kita minta para paslon untuk hadir besok,” ucapnya.

Sementara untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan Pemilukada Serentak, TNI menerjunkan pasukannya sebanyak 250 personel. “Kita minta masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas daerahnya. TNI juga bersikap netral dalam Pemilukada Serentak ini,” ucap Dandim 0609 Kabupaten Bandung Andre.

Hal senada diucapkan Kapolres Cimahi Rusdy. Menurutnya, Polri harus netral. Apabila ada yang berpihak pada salah satu paslon masyarakat diminta untuk melaporkannya dengan pembuktian. “Untuk pengamanan kita turunkan 850 personel. Diantaranya 8 personel di masing -masing paslon,” tuturnya. (wie)