Terbukti Pembangunan, Emas Janji Tingkatkan Status Puskesmas di KBB

oleh -90 views
SUKSESI: Pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati KBB Elin Suharliah-Maman S Sunjaya berjanji tingkatkan puskesmas di KBB jadi tipe C.

NGAMPRAH – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil juga Bandung Barat, Elin Suharliah Abubakar dan Maman Sulaeman Sunjaya berjanji akan meningkatkan status seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi berstatus tipe C. Hal itu akan dilakukan jika paslon ini terpilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) KBB 27 Juni mendatang.

Calon Wakil Bupati, Maman S Sunjaya mengatakan jika terpilih nanti, pihaknya memiliki prioritas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Slaah satunya dengan meningkatkan status Puskesmas yang ada di KBB.

“Di bidang kesehatan, kami akan meningkatkan Puskesmas di seluruh kecamatan menjadi Tipe C,” kata Calon Wakil Bupati Maman S Sunjaya kepada Pasundan Ekspres, Senin (19/2/2018).

Peningkatan status itu, lanjut Cawabup yang di usung PPP dan PKB ini, tak lain untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan. Pasalnya, dengan peningkatan status Puskesmas ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pelosok daerah.

“Peningkatan status puskesmas ini tentunya akan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Karena dengan status tipe C ini akan menambah fasilitas, sarana dan prasarana serta sumberdaya manusia di Puskesmas,” ujarnya.

Selain meningkatkan status Puskesmas, lanjut Maman, jika terpilih nanti pihaknya juga akan membangun Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA). RSIA ini penting salah satunya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi saat melahirkan.

Seperti diketahui, ada sekitar 32 Puskesmas di KBB. Dari jumlah total Puskesmas, hanya beberapa Puskesmas saja yang sudah berstatus tipe C. (wie)