Yayat Sudyat: Saya Tunduk Kalau Ditugaskan Partai

oleh -113 views
Calon Ketua DPRD KBB Yayat Sudyat

CIPONGKOR-Nama Yayat Sudyat Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) disebut-sebut sebagai calon Ketua DPRD KBB.

Hasil pleno DPC PDI Perjuangan KBB mengusulkan dua nama pengganti Ketua DPRD KBB Aa Umbara Sutisna yang maju diperhelatan pilkada. Dalam surat yang ditanda tangani oleh Ketua DPC PDI Perjuangan KBB, H. Abubakar dan Sekretaris Tuti Turimayanti diusulkan Jejen Zaenal Aripin yang menjabat sebagai Bendahara DPC PDI Perjuangan dan Yayat Sudyat Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDI Perjuangan KBB. “Kalau memang ditugaskan partai harus tunduk,” ujar Yayat Sudyat dikonfirmasi via telepon selulernya, Selasa (13/2/2018).

Yayat mengatakan, awal dari penjaringan muncul 11 nama anggota Fraksi PDI Perjuangan yang diusulkan. “Namun pleno DPC diputuskan dua nama dan akang sendiri awalnya tidak mencalonkan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan KBB Kecamatan Cihampelas, Tete Qoerudin mengatakan, dari dua nama calon Ketua DPRD KBB yang diusulkan DPC PDI Perjuangan KBB adalah Yayat Sudyat yang pantas menjadi ketua dewan penganti Aa Umabara Sutisna.

Penilaian itu, kata Tete, dilihat dari senioritas dan dari segi kemampuan Yayat Sudyat dalam memimpin. “Tugas Ketua DPRD itu berat. Setidaknya harus mampu dalam memimpin di internal DPRD juga harus mampu memimpin dalam sidang paripurna,” katanya.

Tentunya juga, kata Tete, fungsi ketua dewan harus mampu meredam suasana panas menjadi kondusif jika terjadi gesekan baik di dalam lembaga maupun di luar lembaga. “Ya kalau datang aspirasi masyarakat harus mampu menjadi pelayan yang baik, terus kalau terjadi demo harus mampu meredam jangan sampai terjadi anarkis, jangan sampai ketika memimpim sidang jadi bahan tertawaan partai lain, menurut saya sosok Kang Yayat yang paling pas,” terangnya.

Namun yang paling pas saat ini adalah fungsi ketua dewan, selain menjaga kekompakan di lembaga juga harus mampu menyatukan seluruh anggota fraksi. “Kondisi PDI Perjuangan saat ini tengah terpecah pascasalah satu kadernya maju dipulkada. Nah ini jangan sampai terjadi gaduh kembali gara-gara memilih orang, ya saya kira sekali lagi Kang Yayat Sudyat yang akan mampu menyatukan semua itu,” tandasnya.
(wie)