Bupati Abubakar Menyebutkan Salah Alamat KBU Penyebab Banjir di Bandung

oleh -74 views
SUKSESI: Bupati Bandung Barat Abubakar (tengah) diacara penomoran paslon Bupati/Wakil Bupati KBB beberapa waktu lalu.

NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat Abubakar angkat bicara soal banjir yang melanda Kota Bandung baru-baru ini.

Orang nomor satu di KBB ini menegaskan, jika gara-gara Kawasan Bandung Utara yang masuk wilayah administratif Kabupaten Bandung Barat sebagai penyebab bencana banjir di Jatihandap Cicaheum, Kota Bandung.

Menurutnya, penyebab utama banjir Cicaheum berasal dari Kaki Gunung Manglayang Cimenyan yang secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung.

’’Kalau itu (Cicaheum) dari gunung Manglayang, masuk KBU wilayah kabupaten Bandung, KBU itu meliputi Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi,’’ jelas Abubakar kepada wartawan belum lama ini.

Kendati begitu, persoalan perizinan untuk KBU sudah ditetapkan dalam Perda provinsi yaitu harus melalui rekomendasi Gubernur. Bahkan, untuk dinas perizinan di KBB sendiri sudah sangat ketat bila ada pengusaha yang meminta izin untuk mendirikan bangunan tanpa dibekali dengan rekomendasi Gubernur.

“Kami itu konsisten tidak pernah tandatangani izin mendirikan bangunan (IMB) tanpa rekomendasi provinsi. Untuk yang tanpa izin nah itulah yang susah kami kendalikan,” ucap dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengultimatum semua pihak agar tidak main-main dengan Perda Jabar Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengendalian Kawasan Bandung Utara atau KBU.

’’Perlu saya tegaskan kita semua tidak boleh main-main soal izin, karena kita minta kepada siapa pun jangan main-main dengan Perda KBU. Pengusaha juga sama,” kata Aher ketika ditemui di Gedung Sate. (wie)