KPU Temukan Warga yang Tidak Mau Dicoklit Data Kependudukan

oleh -104 views
SUKSESI: Rapat koordinasi desk pilkada untuk Pilgub Jabar dan Pilbup KBB di Balroom Pemda KBB, Rabu (14/3/2018).

NGAMPRAH- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Iing Nurdin mengatakan, menemukan kasus warga yang tidak mau dilakukan coklit data kependudukan. Kasus tersebut terjadi di Desa Batujajar Timur. “Salah seorang warga tidak mau dicoklit alasannya karena sudah tua,” kata Iing di acara Rakor Desk Pilkada pada Pulgub Jabar dan Pilbup KBB di Balroom Pemda KBB, Rabu (14/3/2018).

Tentunya masalah itu, kata Iing, perlu dilakukan pendekatan dan pemahaman agar warga tersebut mau dicoklit. “Misalkan data kependudukan sangat penting untuk salah satu syarat ibadah haji atau umroh, mungkin itu yang bisa dilakukan kepada masyarakat yang tidak mau dicoklit,” katanya.

Sementara itu, Komisiner Panwas KBB Bidang Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Riana Sukmaya Komarudin mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengawasan coklit hingga pleno PPK. “Pengawasan di Cipongkor ada laporan 14 orang belum tercoklit ternyata hanya dua orang, juga keluhan di wilayah Padalarang tidak tercoklit lantaran yang bersangkutan tidak ada ditempat,” sebutnya. (wie)