Panwaslu Sebut Ada Iklan Layanan Masyarakat Berbau Kampanye

oleh -105 views
SUKSESI: Rapat koordinasi desk pilkada untuk Pilgub Jabar dan Pilbup KBB di Balroom Pemda KBB, Rabu (14/3/2018).

NGAMPRAH- Panwaslu Kabupaten Bandung Barat menemukan 35 reklame, 134 bener, dan 61 iklan layanan masyarakat yang cenderung memihak kepada salah satu pasang calon (paslon) yang maju di pilkada KBB. Hal itu dikatakan, Komisioner Panwaslu KBB Riana Sukmaya Komarudin dalam acara sosialisi desk pilkada di Gedung Balrom KBB, Rabu (13/3/2018). “Masalah ini menjadi perhatian kami untuk diawasi bersama,” sebutnya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat apabila ada pelanggaran kampanye segera melaporkan dengan mekanime yang sudah ditentukan. “Masalahnya pelapor masih malu-malu untuk melaporkan,” sebutnya.

Menurutnya, pihaknya selalu tanggap dengan pelaporan dugaan pelanggaran yang dilaporkan oleh masyarkat. Namun saat ditindaklanjuti, pelaporan masyarakat itu cenderung tidak terjadi. “Seperti kami mendapat pelaporan ada salah satu calon kampanye di mesjid atau di sekolah ternyata ketika kami telusuri itu tidak terbukti,” sebutnya.

Memasuki tahapan pilkada ini, belum satu pun masyarakat melaporkan dugaan pelanggaran kepada panwaslu. “Ada juga pelaporan tapi belum masuk pada tahapan pilkada seperti dugaan money politik, keterlibatan ASN, ungkapan kebencian, dan perusakan alat peraga kampanye. Namun laporan itu sebelum masuk pada tahapan kampanye,” tandasnya. (wie)