Tim Paslon Cagub Jabar Berulah

oleh -118 views

CIMAHI – Ulah tim kampanye pada Pemilihan Gubernur (Pigub) Jawa Barat tahun 2018 ini, cukup merepotkan sejumlah pihak di Kota Cimahi. Hal tersebut dirasakan langsung oleh pihak Penyelenggara serta Pemerintah Daerah.

Tindakan yang dilakukan tim kampanye gubernur jabar dalam memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah Kota Cimahi, dinilai tidak mengindahkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) serta mengabaikan Peraturan Daerah.

Tanpa tebang pilih, Satuan Polisi Pamong Praja Kota (Satpol) PP Kota Cimahi langsung menurunkan sedikitnya 228 APK, yang terpasang di sejumlah titik.

Sekretaris Satpol PP Kota Cimahi, Dadan Darmawan, mengatakan, penurunan APK tersebut karena dianggap melanggar Perda ketertiban, kebersihan dan dan keindahan (K3).

“Ratusan APK politik yang ditertibkan belum semuanya. Kita tertibkan dulu yang di pusat kota,” kata Dadan, Minggu (25/3/2018).

Tindakan yang dilakukan tim kampanye ini pun sangat disayangkan. Sebab, meski sudah diatur dalam PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), seluruh jumlah dan lokasi pemasangan spanduk, baliho, umbul-umbul dan sebagainya sudah ditentukan KPU.

“Kalau tidak mengerti, diharapkan koordinasi dulu dengan pihak terkait, sebelum memasang APK,” ucapnya.

Dari data yang diperoleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi, hampir 80 persen APK yang terpasang tidak sesuai ketentuan dan dianggap melanggar PKPU. (mon)