KPU Kecewa Berat, I News TV Terancam Terkena Finalti

oleh -75 views
PROTES: Timses paslon KBB saat protes keberangkatan debat calon 2 ke Studio I News TV di Jakarta lantaran keberangkatan molor dan juga bus yang kurang laik jalan di Kota Baruparahyangan, Rabu (9/5/2018).

PADALARANG-Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB) Iing Nurdin mengatakan, molornya keberangkatan rombongan tim sukses pasangan calon Bupati/Wakil Bupati KBB dan masalah fasilitas bus merupakan tanggung jawab pihak penyelenggara yakni I News TV.

“Yang meyediakan bus bukan KPU tapi pihak I Nesw TV,” kata Iing, Rabu (9/5/2018).

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Teknis Sekretariatan KPU KBB, Warta Gumilang menegaskan pernyataan Ketua KPU, jika masalah tersebut bukan tanggung jawab dari KPU KBB melainkan pihak penyelenggara yakni I News TV. “Lelang debat calon hingga segala fasilitasnya adalah I News yang mesti bertanggung jawab,” tuturnya.

Warta mengatakan, untuk debat calon sendiri dianggarkan sebesar Rp 923 juta dengan sistem lelang dan didapatkan pihak I News TV sebesar Rp 881 juta. “Saya sangat kecewa karena anggaran itu sudah satu paket dari mulai pemberangkatan calon semua ditanggung oleh I News TV dan speknya pun menyediakan transportasi yang layak,” tuturnya. Kejadian itu pun, Gumilang memastikan, pihak I News TV akan terkena finalti denda pengadaan lelang. “Tentunya ini akan terkena finalti sesuai aturan,” tandasnya.

Sebelumnya, tim sukses masing paslon marah besar ketika keberangkatan untuk menyaksikan debat ke dua Calon Bupati/Wakil Bupati KBB di Studio I News TV di Jakarta sempat molor. Dijanjikan berangkat pukul 11.00 molor hingga dua jam pukul 13.30, dan rombongan berangkat dengan terpaksa menggunakan bus yang tidak laik jalan.

Massa paslon sempat meradang kecewa berat dengan berangkat menggunakan bus tidak laik jalan. Suasana memanas ketika timses paslon protes kepada pihak I News TV. Bahkan kabar beredar bus paslon nomor urut dua mogok di jalan tol dan terpaksa diangkut menggunakan travel. (wie)