Soal E-KTP, Saatnya Disdukcapil KBB Perbaiki Diri

oleh -60 views

 

Pengamat Politik dan Pemerintahan, Djamu Kertabudhi

PADALARANG- Pengamat politik dan pemerintah Djamu Kertabudhi mengatakan, momentum yang tepat bagi aparat pemda khususnya Disdukcapil KBB soal masalah misteri E-KTP untuk segera memperbaiki diri dalam meningkat kualitas pelayanan kepada masyararakat.

“Seperti biasa setiap selasa malam salah satu TV swasta menggelar acara unggulan yaitu ILC. Seperti malam ini mengambil thema “Misteri E-KTP”. Yang menarik kata “Misteri” ini, karena secara nyata terjadi dilapangan, termasuk dirasakan oleh masyarakat KBB,” katanya, Rabu (30/5/2018).

Djamu mengatakan, saat Dirjen Dukcapil Kemendagri menyatakan, proses E-KTP selesai satu jam dan paling lambat satu hari, terbayangkan demikian teraduk-raduknya perasaan masyarakat mendengar ungkapan Dirjen yang mewakili pemerintah. “Mendagri sendiri sambil mengangguk-angguk senang. Demikian kontras dengan kenyataan di lapangan,” sebutnya.

Menurut Djamu, baru-baru ini telah diterbitkan Peraturan Mendagri sebagai pedoman yang mengikat secara hukum bagi pemda sebagai penyelenggara pelayanan Administrasi Kependudukan berupa E-KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan (Non Muslim) dan lain sebagainya bahwa penyelesaian selama satu jam dan paling lambat satu hari secara gratis. “Sementara keluh kesah masyarakat selama ini dalam mengurus E- KTP pun memerlukan waktu yang lama. Bahkan muncul suara minor dan dugaan tertentu yang bernada pelanggaran,” sebut Djamu.

Akhirnya, lanjut Djamu, sebaik apapun peraturan, dalam tataran operasional akan sangat tergantung integritas dan komitmen dari aparat di daerah, termasuk pembinaan dan pengawasan yang dilakukan pemimpinnya. (wie)