AKUR Kuasai Materi Debat Kandidat Putaran Tiga

oleh -91 views

 

foto ragam daerah
SUKSESI: Debat kandidat Calon Bupati/Wakil Bupati KBB putaran ketiga cukup hidup yang diselenggarakan di Hotel Mansion Pine Kota Baru Parahyangan, Selasa (19/6/2018).

PADALARANG- Debat kandidat Calon Bupati/Wakil Bupati KBB putaran ketiga cukup hidup yang diselenggarakan di Hotel Mansion Pine Kota Baru Parahyangan, Selasa (19/6/2018). Masing-masing paslon nampaknya sudah menyiapkan pertanyaan maupun jawaban dalam debat tersebut.

Namun dari kendidat tiga Paslon Bupati/Wakil Bupati KBB, pasangan AKUR (Aa Umbara-Hengky Kurniawan) cukup menguasai matari debat menjawab tiap pertanyaan yang dilontarkan panelis.

Pertanyaan panelis untuk pasangan AKUR seputar potensi pengembangan kesenian budaya yang ada di KBB. Pertanyaan itu langsung dijawab lugas oleh Calon Bupati KBB nomor urut tiga, Aa Umbara Sutisna, jika pihaknya akan mewajibkan pelaku usaha di KBB untuk menampilkan kesenian setiap ada kunjungan wisata. “Setidaknya dengan menghidupkan kesenian dikalangan pelaku usaha, kesenian bukan lagi menjadi penghasilan sampingan masyarakat namun bisa mengembangkan potensi wisata di KBB yang bisa menjadi penghasilan juga bagi masyarakat,” kata Umbara.

Calon Wakil Bupati Hengky Kurniawan menjawab, AKUR mempunyai program membuat rumah industri yang bisa menambah penghasilan bagi daerah. “Kami juga akan membuat BUMD zaman now dimana menghidupkan industri kreatif dan keinginan masyarakat KBB punya TV lokal akan kita penuhi,” janji Hengky.

Panelis melontarkan pertanyaan kepada Calon Wakil Bupati KBB, Maman S Sunjaya soal model pembinaan bagi 110 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Ormas yang ada di KBB.

Maman mengatakan, jika LSM dan Ormas di KBB lebih dari 200, namun yang terdata di Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) KBB sebanyak 110 LSM dan Ormas yang tersentuh anggaran. “Model pembinaanya adalah dengan membuka pendidikan seluas-luasnya bagi pemuda agar kedepan juga membuka lapangan pekerjaan bagi mereka,” katanya.

Sementara, panelis untuk Paslon Nomor 2 KADO (Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati) soal toleransi masyarakat KBB yang baru mencapai angka 40 persen soal menyikapi isu agama dan bela negara.

Doddy menjawab, pihaknya siap membangun masyarakat KBB seutuhnya melalui berbagi bidang termasuk bidang keagamaan. “Jadi menyikapi itu mesti dibangun mental masyarakat melalui bidang agama,” kata Doddy.

Debat kandidat itu pun dimeriahkan dengan berbagi kesenian dari masing-masing paslon. Yel-yel dari masing-masing pendukung pun memeriahkan dalam debat publik tersebut. (wie)