KPU Cimahi Cek Akhir Logistik Pilgub Jabar

oleh -104 views

 

CIMAHI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi melakukan pengecekan akhir logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.

Komisioner KPU Kota Cimahi, Sri Suasti mengatakan, cek ulang tersebut dilakukan untuk memastikan ketepatan jumlah kebutuhan dan jenis logistik untuk semua PPS atau TPS yang ada di Kota Cimahi.
“Alhamdulilah jumlahnya sesuai dan sejauh ini tidak ada kendala,” kata Sri, Minggu (24/6/2018).

Dalam melakukan cek ulang logistik tersebut, lanjut dia, pihaknya melibatkan Kelompok Penyelenggara pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar tidak memakan waktu lama.

“Target hari senin sudah selesai semuanya. Selain itu, supaya nanti tidak ada keraguan lagi karena mereka sudah mengecek dari awal,” ujarnya.

Logistik yang diperiksa yakni isi dalam dan luar kotak suara. Untuk jenis logistik yang ada dalam kotak suara di antaranya, surat suara, beberapa jenis sampul, alat coblos, tinta dan segel. Sementara untuk jumlah kotak suara tidak ada penambahan karena sudah sesuai dengan jumlah TPS sebanyak 983 plus 2,5%.

Sedangkan logistik di luar kotak suara yaitu, ATK, tanda pengenal untuk KPPS, petugas TPS, saksi, lem perekat dan tanda DPT.

“Semuanya sudah lengkap tinggal menunggu logistik tambahan seperti stiker untuk kotak suara dan buku panduan untuk KPPS,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kebutuhan stiker dan buku panduan tersebut untuk melengkapi keperluan jelang H-3 pencoblosan yang akan dilaksanakan Rabu (27/6/2018).

“Kalau stiker keperluannya agar kotak suara di PPS tidak tertukar, sehingga bisa memudahkan pekerjaan. Kalau buku panduan, jelas untuk pegangan KPPS agar mereka paham apa yang harus dilakukan selama proses pungut hitung,” terangnya.

Sementara untuk surat suara, dia mengklaim sudah aman. Terlebih, penggantian surat suara yang rusak sudah diserahkan dan diambil kembali. (mon)‎