Umbara Ogah Ribut Soal Hasil Survei

oleh -116 views

 

 

dokumen ragam daerah
ISTIGOSAH: Pasangan AKUR (Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan) memilih istiqosah doa bersama dalam kampanye terakhir di posko pemenangan AKUR di Padalarang, Sabtu (23/6/2018).

PADALARANG- Calon Bupati KBB nomor urut tiga, Aa Umbara Sutisna nampaknya tidak mau berdebat masalah survei yang diklaim pasangan calon (Paslon) lain. “AKUR tidak mau berdebat masalah survei. Kita buktikan saja, kepercayaan masyarakat KBB larinya kemana,” kata Umbara di Padalarang, Sabtu (23/6/2018).

Umbara mengaku, persiangan sudah tidak sehat dengan munculnya saling klaim antarpaslon. “Sekarang saling klaim, punya survei sekian dan sekian,” sebutnya.

Mantan Ketua DPRD KBB dua priode ini pun meminta jangan bikin kegaduhan dipilkada. “Belajar bermain politik lah yang dewasa jangan seperti anak-anak black campaign tidak realistis. Kalau orang suka menzolimi orang lain dirinya lebih jelak biasanya,” sindirnya.

Dirinya pun kepada timnya tidaj pernah mengintruksikan untuk menjatuhkan paslon lain. “Kalau mau, kita juga bisa toh data juga ada, tapi bagi AKUR tidak karena masyarakat saat ini sudah cerdas dalam menentukan pilihannya,” kata Umbara.

Sebelumnya Median telah melakukan survey Calon Bupati KBB. Menurut hasil  survey Pasangan Aa Umbara – Hengky Kurniawan memperoleh suara tertinggi sebesar 36,2 persen. Diikuti oleh pasangan Doddy Imron-Pupu Sari yang memperoleh 26,8 persen. Sementara pasangan Elin Suharliah-Maman Sulaiman di posisi terakhir dengan 22,0 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.200 responden dengan margin error sebesar ±2.9%, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara tatap muka responden menggunakan kuisioner.

“Melihat dari survei ini dinamika politik di Kabupaten Bandung Barat masih tinggi. Sehingga segala kemungkinan masih bisa terjadi. Apalagi pemilih yang belum menentukan pilihan masih sebesar 15,0 persen,” jelas Rico.

Pamriadi: Median Berkhayal Tingkat Tinggi, Emas Masih Unggul

Tim EMAS Pasangan Bupati/Wakil Bupati KBB, Elin Suharliah-Maman Sunjaya menyebut jika

survei yang dilakukan lembaga survey, Median Survei Nasional (Median) pasangan AKUR (Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan) unggul saat ini adalah khayalan tingkat tinggi.

Ungkapan itu tentunya, Dewan Penasehat Pasangan EMAS, Pamriadi mempunyai data dan bukti yang kuat. Justru kata Pamriadi, survei internal EMAS unggul diangka 49% yang asalnya 47% ada kenaikan pascadebat kandidat putaran ketiga naik menjadi 2%. Sementara, lanjut Pamriadi, pasangan calon lain di bawah EMAS, AKUR diangka 29,1% Doddy 16,9 % dengan swing voter diangka 7%.

“Jadi Median sedang bermimpi tingkat tinggi karena justru AKUR posisinya di bawah EMAS dan kami tetap optimis menang diangka 49%,” tuturnya.

Pamriadi pun menganggap jika Median menyebut survei AKUR naik saat ini justru sebaliknya merosot. Pada bulan April Median mengeluarkan survei AKUR 38% dan sekarang di Juni posisinya di angka 36,2 %. Sementara EMAS pada bulan April diangka 11,9% saat ini naik 22,0%. “Jadi kalau liat itu justru AKUR yang merosot hasil surveinya, dan EMAS trendnya makin meningkat,” sebut Pamriadi.

Pamriadi tanpa menyebutkan lembaga survei internalnya, namun yang jelas, katanya, surveinya itu bisa dipertanggung jawabkan dan kredibel. “Kalau ada yang tanya apa lembaga surveinya dan dasarnya dari mana survei, yang jelas kami punya lembaga survei yang akurasinya bisa pertanggung jawabkan dan kredibel,” tegas Pamriadi.

Dirinya pun menyakini, suara EMAS akan terus bergerak jelang pencoblososan pada 27 Juni 2018 nanti seiring dengan militansi seluruh tim yang terus bergerak.(***)