Kaukus Politisi Muda Kecam Kebijakan Rotasi Mutasi Plt Bupati Yayat

oleh -113 views

 

 

PADALARANG- Kaukus politisi muda Kabupaten Bandung Barat (KBB) bereaksi. Manuver Plt Bupati KBB Yayat T Soemitra yang bakal merombak kabinet diakhir masa jabatannya mendapat kecamaman.

Bukan tanpa alasan. Kaukus yang anggotanya para anggota DPRD KBB mengkaji berdasarkan Undang-Undang No 10 Tahun 2016 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota. UU itu menyebutkan, kepala daerah tidak boleh mengeluarkan kebijakan strategis termasuk kebijakan mutasi dan rotasi pejabat dilingkungan pemda 6 bulan sebelum dan sesudah pilkada, kecuali mengisi kekosongan jabatan dan itupun harus ada izin tertulis dari kementerian dalam negeri. “Jadi saya liatnya blunder kebijakan Plt Bupati itu,” ujar Kaukus Politisi Muda M Dartiwa.

Iwwock mengatakan, belakangan santer isu, Plt Bupati KBB Tayat T Soemitra akan melakukan mutasi dan rotasi pejabat. Itu yang menjadi pertanyaan dari para kaukus pilitisi muda.

“SAngat kami sayangkan, targetnya apa? Toh beliau menjabat hanya beberapa hari ke depan,” kata politisi PPP ini.

Iwwock memandangnya Bupati Yayat sudah bikin gaduh. Dia menyarankan, sebaiknya Plt bupati fokus menyelesaikan beberapa agenda penting diakhir jabatannya. “Ya seperti tindak lanjut LHP BPK, LPPA tahun anggaran 2017, laporan semesteran dan prognosis anggaran 2018 juga menyiapkan RPJMD transisi untuk penyusunan RKPDA KUA PPA 2019,” tuturnya.

Kondisi saat ini, lanju Iwwock, proses pengawalan agenda resmi dan penting menjadi terabaikan. “Gara-garanya itu, ribut rotasi dan mutasi yang justru membuat para pejabat di lingkungan pemda menjadi tidak nyaman dan sulit untuk konsentrasi bekerja,” ungkapnya.

Iwwock yakin, Plt Bupati punya kompetensi integritas dan independensi. “Sehingga akan memiliki sikap objektif dalam mengambil keputusan dan menentukan kebijakan tanpa harus dipengaruhi pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” tandasnya.

Seperti diketahui, kaukus politisi muda pertama kali digagas beberapa anggota legislatif lintas partai yang konsen terhadap kemajuan Bandung Barat tanpa harus disekat-sekat oleh kepentingan partai politik induk semangnya. Banyak agenda yang sudah dilaksanakan kaukus politisi muda seperti diskusi tentang isu strategis pemerintahan daerah, bakti sosial dan juga tukar gagasan terkait suksesi kepemimpinan di KBB. (wie)