Ketua KPU Cimahi Mundur, Tak Pengaruh Dipileg

oleh -72 views

 

Mantan Ketua KPU Cimahi, Handi Dananjaya disebuah acara bersama KNPI Cimahi.

CIMAHI – Mundurnya Handi Dananjaya sebagai Ketua KPU Kota Cimahi, dinilai bukan suatu masalah dalam suatu kinerja pada penyelenggaraan Pemilihan Legislati dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Sebelumnya, Handi Dananjaya menyatakan dirinya aka mundur dari jabatannya lantaran sudah bertekad untuk menjadi Calon Anggota Legislatif pada Pileg 2019di Cimahi.

Komisioner KPU Cimahi, Sri Suasti mengatakan, itu sudah menjadi pilihan Handi maju sebagai wakil rakyat. Namun, itu diakuinya tidak akan menghambat kinerja anggota KPU lainnya. Bahkan, adanya pernyataan itu, pihaknya akan segera melakukan rapat pleno untuk menunjuk Ketua KPU Cimahi yang baru.

“Petunjuk dari KPU Provinsi Jabar, setelah penerimaan  berkas bacaleg baru dilakukan pleno pemilihan Ketua KPU Kota Cimahi. Hari ini terakhir penyerahan berkas bacaleg oleh parpol sampai pukul 24.00 WIB, setelah itu kami langsung gelar pleno,” terang Sri, di kantor KPU Kota Cimahi Jalan Pesantren Kota Cimahi, Selasa (17/7/2018).

Setelah pleno penetapan ketua, KPU Kota Cimahi bakal melapor ke KPU Provinsi Jabar dan nanti KPU provinsi yang akan menentukan soal kewenangan ketua yang baru. Ketua terpilih akan menjabat selama dua bulan ke depan.

“Nanti pihak provinsi yang akan mengolah, apakah kebijakan ketua pengganti akan sama dengan ketua sebelumnya, atau hanya mengisi ke kosongan saja,” jelasnya.

Dia menjelaskan, masa jabatan jajaran komisioner KPU Kota Cimahi periode 2013-2018 hingga Oktober 2018. Saat ini anggota jomisioner yang tersisa adalah Sri Suasti, Dadan Fadilah Rivai, Septiana, dan Rusdi Harun Rasyid. Namun, lanjut Sri, KPU Provinsi Jabar menilai tidak perlu ada pengganti antar waktu (PAW) untuk mengisi posisi ketua KPU.

“Kota Cimahi sudah masuk tahapan seleksi calon anggota KPU Kota Cimahi. Sehingga tidak ada PAW. Jabatan ketua akan diisi oleh salah satu dari 4 anggota yang tersisa,” katanya. (mon)