Nasdem Paling Tertib Berkas Bacalegnya

oleh -57 views

 

foto Hadi Wibowo/Ragam Daerah
FERIVIKASI: Suasana pendaftaran bacaleg di Kantor KPU KBB.

PADALARANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menyerahkan hasil ferivikasi berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Dari 16 partai politik yang terdaftar di KPU KBB, seluruh bacaleg diberi batas waktu dari tanggal 22 hingga 31 Juli untuk melengkapi berkasnya. “Nanti tanggal 1 hingga 7 Agustus kami ferivikasi berkas kelengkapan bacaleg partai politik,” ujar Komisioner KPU KBB, Adi Nugroho, Sabtu (21/7/2018).

Bacaleg dari 16 parpol yang sudah mendaftarkan ke KPU sebanyak 651 orang. Terdiri dari perempuan 231 orang dan laki-laki 420 orang.

“Pada dasarnya hampir seluruh parpol masih harus melengkapi berkasnya,” sebut Adi.

Adi menjelaskan, verifikasi ini juga dilakukan untuk memastikan tidak ada bacaleg yang merupakan mantan narapidana atas kejahatan anak, narkoba dan korupsi yang tidak diperbolehkan untuk mendaftar. “Di luar itu (korupsi, kejahatan anak dan narkoba) diperbolehkan. Soal informasi ini sudah disampaikan juga ke masing-masing partai jauh-jauh hari sebelum dibuka pendaftaran bacaleg,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem KBB, Hero Prihatnawan mengatakan, sudah menerima bekas bacaleg yang diserahkan oleh KPU tadi pagi. “Alhamdulillah sudah saya terima bekas dari KPU. Ya kalau pun ada koreksinya sedikit dari KPU seperti yang belum terlegalisir, kita dianggap paling tertib secara adminitrasi,” kata Hero.

Ketua DPC PKB KBB, Asep Dedi mengatakan, sudah menerima berkas verifikasi bacaleg KPU KBB pukul 10.00. “Hasilnya ada beberapa berkas yang segara harus dilengkapi itu pun hanya kekurang sedikit,” kata Dedi ditemui di Kantor DPC PKB KBB. Dedi pun menyebutkan berkas kelengkapan bacaleg 99 persen sudah lengkap dari 50 bacaleg PKB. “Saya yakin PKB bisa meraih 8 kursi di pileg nanti,” tandas Dedi. (wie)