Plt Bupati Paksakan Rotasi, Dewan Siap Gunakan Hak Interplasi

oleh -93 views

 

 

PADALARANG- Kaukus Politisi Muda KBB kembali bereaksi. Kakus yang anggotanya anggota DPRD KBB akan menggunakan hak Interpelasi jika Plt Bupati KBB Yayat T Soemitra memaksakan rotasi jabatan pejabat eselon 2 di lingkungan Pemda KBB di akhir jabatannya. “Jika memang dipaksakan kami akan menggunakan hak interplasi kami,” ujar salah seorang Presedium Kaukus Politisi Muda KBB dari Fraksi PKS DPRD KBB, Dona Ahmad Muharam, Senin (9/7/2018).

Dona beralasan, pelaksanaan mutasi harus dimulai dari proses di Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Hal itu sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 100 Tahun 2000 tentang  Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Struktural pasal 14. Isi pasal menyebutkan, pengangkatan PNS dalam  jabatan struktural harus melalui Baperjakat. “Yang disampaikan Plt Sekda Pak Wandiana sangat konstitusional, makanya wajar jika secara moral dan atas dasar tanggungjawab jabatannya beliau memilih mundur,” ujar Ketua DPD PAN KBB Ini.

Pihak mengapresiasi langkah Plt Sekda KBB, Wandiana yang memilih mundur.
“ketidak nyamanan ini haruslah segera diselesaikan, tidak bijak beliau membuat gaduh disisa jabatannya,” sebutnya.

Apalagi mundurnya plt sekda, kata Dona, memperlihatkan ketidak solidan Plt Buoati dengan pejabat di lingkungan Pemda KBB dan akan menjadi preseden buruk bagi KBB ke depan. “Ini menjadi tontonan tidak mendidik bagi masyarakat KBB yang menginginkan perubahan ke depan,” tandasnya. (wie)