Dirut Krakatau Steel yang Kena OTT KPK Adalah Wisnu Kuncoro

oleh -130 views
Juru bicara KPK Febri Diansyah

SIYASAH.ID–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih memeriksa enam pihak yang diciduk dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Krakatau Steel (KS). Operasi ini digelar di daerah Jakarta dan Tangerang Selatan, kemarin Jumat (22/3).

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, keemam pihak yang diamankan tersebut termasuk salah seorang direktur Krakatau Steel (KS), serta pegawai KS maupun pihak swasta. Jika ditelisik lebih dalam, posisi direktur di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, ada beberapa bagian.

Misalnya, Direktur Produksi dan Riset Teknologi Wisnu Kuncoro, Direktur Logistik Ogi Rulino, Direktur Pemasaran Purwono Widodo, Direktur Keuangan Tardi, Direktur Human Capital, Rahmat Hidayat dan Direktur Utama Silmy Karim. Menurut sumber dikutif dari JawaPos.com, direktur yang diciduk itu ialah Direktur Produksi dan Riset Teknologi Wisnu Kuncoro.

KPK menyatakan, ketika diciduk tim, ada rencana penyerahan uang dari pihak swasta yang pernah atau berkepentingan dengan proyek di salah satu BUMN.

“Diduga sebagian uang telah diberikan secara cash dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan,” tukas Febri.

Sumber JawaPos.com juga menyebut permintaan uang yang dilakukan Wisnu kepada pihak swasta, demi lancarnya acara pernikahan anaknya. Saat mencoba mengkonfirmasi pihak KPK yaitu Wakil Ketua KPK Basaria Panjaidtan, dia membenarkan bahwa yang diciduk ialah Wisnu.

“Ya benar (Direktur Produksi dan Riset Teknologi Wisnu Kuncoro),” ungkap Basaria saat dikonfirmasi, Sabtu (23/3).

Saat ini pun pihak yang diamankan masih menjalani proses pemeriksaan. Lembaga antikorupsi ini memiliki waktu 1 x 24 jam sebelum menentukan status mereka yang terjaring OTT.

“Informasi lebih lengkap akan disampaikan sore ini melalui konferensi pers,” pungkas Febri. (jpc)