Janji Jokowi yang Tidak Terpenuhi; Jokowi Dimata International

oleh -510 views

Sedikit ingin mengangkat sebuah video yang dipublikasikan oleh Australian National University melalui channel Youtubenya. Video tersebut telah diunggah lama dengan judul “The unfulfilled promise of Jokowi” dengan durasi 20 menit 26 detik, yakni sejak tahun 2015. Namun jika kita amati video tersebut kurang diminati, entah karena nama Jokowi kurang menjadi trend topik dimata international atau mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaan video tersebut. Dari tahun 2015 sampai dengan 2019, jumlah penonton hanya 1.056 views (24/3).

kutipan dari video yang mewawancarai seorang pakar, Professor Greg Fealy, menyebutkan hal yang negatif tentang kepresidenan Jokowi. Salah satu kutipan yang dilansir yaitu ia menyebutkan:

“Once a man of hope, he’s now a man facing widespread disillusionment both at home and abroad. A man who promised so much reform is charting a path of compromise and disappointment. Jokowi is now under attack from all sides, and a lot of it is his own doing;”

Dari kutipan tersebut menjelaskan bahwa Jokowi dulu diakui sebagai seorang harapan, namun dia sekarang ia menghadapi kekecewaan yang meluas baik di dalam maupun luar negeri. Seorang pria yang begitu banyak menjanjikan namun berbuah kekecewaan. Jokowi sekarang sedang diserang dari semua sisi, dan banyak dari itu adalah perbuatannya sendiri.

“Hampir semua pengamat menilai terlalu tinggi kemampuan Jokowi untuk membawa perubahan,” kata Fealy. “Kenyataan pahitnya adalah bahwa Jokowi tidak diperlengkapi untuk menjadi presiden yang baik.”

Bahkan divideo tersebut juga menyinggung soal pemilihan kabinet. Mulai dari pemilihan yang buruk di kabinet pertamanya hingga ketidakmampuan untuk membebaskan diri dari belenggu penguasa politiknya. (rahmat)