Video Kantor BKPP Kabupaten Bogor Terbakar

oleh -190 views

Kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor di Jalan Bersih, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, terbakar, Minggu (24/3/2019) malam.

Informasi yang diterima dari Kabid Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus, gedung terbakar tersebut adalah bangunan kosong. Api diduga berasal dari gardu deket kantin milik BKPP.

Keterangan lain dari salah seorang pegawai BKPP Kabupaten Bogor yang tengah piket, Anggi Rozadi mengaku sempat berusaha memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Tapi, kobaranapi belum juga padam. “Saya coba padamkan api pakai APAR, tapi masih besar. Sekitar 15 menit kemudian mobil damkar datang,” ucapnya kepada wartawan di lokasi.

Besar kemungkinan, api yang membakar gudang kosong di belakang kantor BKPP itu akibat korsleting arus pendek dari kabel yang ada di tiang listrik tak jauh dari titik kebakaran. Jika diukur jarak antara gudang dengan tiang listrik hanya sekitar 10 meter.

“Gudangnya memang gak dipakai, tidak ada listrik di situ. Jadi gak mungkin kalau apinya dari gudang. Kemungkinan dari kabel, tapi sekarang sudah diputus PLN,” terangnya.

Padahal, sekitar pukul 16.30 WIB, Anggi mengaku tidak melihat hal yang tidak beres di gudang. Saat itu ia tengah memanaskan genset yang diletakan tak jauh dari gudang.

Kemudian ia kembali ke gedung utama. Hingga pukul 21.00 WIB, saat sedang patroli, bersama rekannya keliling gedung, didapati api sudah berkobar membakar gudang.

Saat gudang terbakar, kabel listrik masih terus memercikan api. “Makanya kita buru-buru padamin takutnya merembet ke gedung utama sama kantor dinas peternakan,” kata Anggi.

Ia memperkirakan, dalam waktu 45 menit dari kejadian, api baru berhasil dipadamkan. Dibantu dengan dua unit mobil damkar, api berhasil dipadamkan kurang dari pukul 22.00 WIB.

Menurutnya, di gudang itu tidak ada berkas-berkas penting yang ikut terbakar. “Hanya gudang kosong, jadi ga ada berkas penting. Lampu atau listrik juga gak ada di situ,” tuturnya.(RadarBogor)