Desa Cimanggu Satu Lahan dengan SD Jadinya Pengap

oleh -32 views
foto istimewa Bupati Bandung Barat, Aa Umbara gunting pita di acara peresmian Kantor Desa Cimanggu Ngamprah KBB belum lama ini.

SIYASAH,ID–Entah siapa yang numpang, bangunan SD atau bangunan kantor desa? Yang jelas, kasus bangunan SD dan desa menyatu, masih ada saja di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tengok saja Desa Cimanggu Kecamatan Ngamprah. Kantor desa masih menyatu dengan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di sana. Bukan itu saja, Desa Cilame Kecamatan Ngamprah juga satu lahan dengan SDN di sana.

Alhasil, aktivitas pendidikan atau pemerintahan di sana cukup terganggu. Bising oleh teriakan anak sekolah yang bermain, atau acara desa yang dilaksanakan pada hari kerja, itulah yang terjadi.

Tapi itu bukan tanpa solusi. Pemerintah Desa Cimanggu berencana memindahkan SD di sana. Tentunya, fasilitas lahan mesti disediakan. Itu juga yang dijanjikan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara usai peresmian Kantor Desa Cimanggu belum lama ini.

“Halaman ini sangat sempit. 500 warga yang berkumpul saja terlihat sesak. Sekolah ini juga harus dialihkan untuk perkembangan serta prestasi SDN Cimanggu,” ujar Umbara disela peresmian kantor desa belum lama ini.

Kepala Desa Cimanggu, Asep Suparman menyampaikan rencana pembangunan desa setelah diresmikan. Salah satunya dengan membuat gedung serbaguna untuk dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan masyarakat. Pihaknya juga mengusulkan agar SDN Cimanggu dialihkan segera.

SDN Cimanggu sendiri berlokasi di halaman Kantor Desa Cimanggu yang terdiri dari 6 kelas. “Mudah-mudahan bisa cepat terealisasi secepatnya,” kata Suparman. (***)