“Disentil” Bupati, Dispora Mau Urus Bonus Porda Rp 9,2 M Cair Akhir April 2019

oleh -111 views
foto istimewa Bupati KBB, Aa Umbara Sutisna (foto kanan kedua) bersama Ketua Umum Koni KBB Rian Firmansyah (tengah) usai pelantikan dan pengurus Koni KBB baru-baru ini.

SIYASAH.ID–Kabar gembira bagi atlet Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berhasil menyabet medali pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII tahun 2018. Tidak lama lagi, bonus Porda yang dijanjikan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bakal cair.

“Kita upayakan akhir April sekarang bisa cair. Makanya saya minta segala persyaratannya segera dilengkapi,” ujar Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) KBB Dadang Robbani, Rabu (10/4/2019) di Ngamprah.

Sebelumnya diberitakan, bonus Porda 2018 tersebut bisa dicairkan di triwulan 3 atau paling cepat awal Juli 2019. Karena kata Dadang, Pemkab Bandung Barat bisa melakukan pencairan anggaran bonus tersebut, sesuai kas budget pada triwulan 3.

Namun kegalauan para insan olahraga tersebut bisa ditepis dengan pernyataan Kepala Bidang Anggaran Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) KBB Ritta, bahwa persoalan itu tinggal dikoordinasikan dengan pihaknya.

Celah tersebut kemudian disikapi Dispora bahwa bonus sebesar Rp 9.259.000.000 untuk atlet, pelatih dan mekanik, bisa segera dicairkan. “Hasil advokasi dengan Bidang Anggaran, ada celah dan peluang untuk penggeseran budget itu. Jadi kas budget dari triwulan 3, bisa digeser ke triwulan 2,” terangnya.

Hingga saat ini, untuk proses pencairan anggaran bonus tersebut menurutnya, tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) penetapan dari bupati. Namun dengan catatan seluruh persyaratannya telah lengkap seperti foto copy identitas, tabungan dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). “Bonusnya kita berikan by name by rekening. Jadi setiap penerima bonus harus punya rekening,” tandasnya. (***)