Ini Jawaban Bagian Rumah Tangga KBB Soal Lif Pemda yang Kotor

oleh -47 views

SIYASAH.ID- Kepala Sub Bagian Rumah Tangga (Kasubag) pada Sekretariatan Daerah (Setda) Kabupaten Bandung Barat ( KBB),  Tajudin meminta kepada seluruh pegawai pemda juga masyarakat saling menjaga kebersihan di lingkungan Pemda KBB. “Insya Allah kalau bersih sepertinya enggak usah mengeluarkan dana. Harusnya penghuni atau pengguna sarana punya rasa memiliki secara rumah sendiri pasti nyaman,” katanya.

Tajudin menjawab soam lif yang berada di gedung C dan lainnya Komplek Pemda KBB, terlihat kotor dan jijik. Selain ada sampah bekas bungkus permen juga paling mencolok bekas sekar dan puntung rokok berserakan di situ.

Karuan saja, fenomena itu banyak dikeluhkan masyarakat. Bagaimana tidak, lif gedung C dan lainnya merupakan lif bagi dinas yang erat kaitannya dengan pelayanan publik. Dari mulai disduk capil lantai satu, dinas Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dinas lingkungan hidup, dispora, dinas pendapatan keuangan dan aset daerah, dinas peternakan, pertanian hingga badan perancanaan daerah (bappeda). Tidak hanya gedung C, A dan setda juga kindisinya sama kotor.

Yudi Mulyadi, pegawai Kemendes yang kebetulan tengah sowan ke KBB kaget dengan fenomena itu. Kepada wartawan ragam.co Yudi mengaku prihatin selain lif yang kotor juga halaman depan kantor Pemda KBB yang tidak terawat. “Kalau halaman depannya saja tidak terawat bagaimana dengan bagian-bagian lainnya. Kebersihan itu selain terkait dengan kesehatan juga menggambarkan cara hidup kita,” kata Yudi, Kamis (11/4/2019)

Yudi juga menyarankan kepada Pemda KBB untuk membuat aturan yang memberatkan orang-orang yang punya kebiasaan buang sampah sembarangan, di denda sampe 5 juta atau kurungan. “Karena ini berkaitan dengan fasilitas umum seharusnya orang yang bekunjung dan memang menggunakan fasilitas umum tahu bagaimana cara bersikap dengan baik untuk tidak sembarangam membuang sampah atau puntung rokok,” katanya. (***)