ISU SENTRAL DI KBB

oleh -170 views

Dalam bulan Ramadhan yang Insya Allah penuh barokah ini, ditandai dengan maraknya isu sentral di KBB yaitu :

1. Kebijakan mutasi besar-besaran pejabat Pemda KBB menurut Bupati Aa Umbara akan dilakukan pada bulan Ramadhan ini. Belum lama ini Pimpinan KPK Basyaria Panjaitan, dalam satu kesempatan, menyampaikan peringatan keras khususnya kepada kepala daerah, bahwa berdasarkan temuannya telah terjadi jual beli jabatan di banyak daerah, suap menyuap antara oknum ASN dengan kepala daerah terjadi dimana-mana.

Bahkan menurut beliau praktiknya seperti super Mlmarket, setiap “barang dagangan” sudah ada harganya. Semoga hal ini menjadi catatan penting Bupati KBB untuk tidak terjadi lagi.


2. Kenaikan pantastis NJOP PBB Tahun 2019, membuat wajib pajak meradang. Karena sebelumnya belum ada sosialisasi terlebih dahulu. Hal ini membuat Pimpinan DPRD membuat langkah pemanggilan kepada Pimpinan SKPD yang bersangkutan dalam acara dengar pendapat Komisi II DPRD KBB. Kita tunggu hasilnya. Padahal berdasarkan UU No.30 Tahun 2013 Tentang Administrasi Pemerintahan, bahwa masyarakat dalam hal ini wajib oajak berhak mengajukan keberatan kepada Bupati atas perlakuan yg dinilai memberatkan. Apalagi belum dilakukan sosialisasi atas kebijakan ini. Bahkan secara hukum dapat melakukan gugatan “class action”, atau setidaknya dapat melakukan gugatan ke Komisi Onbudsman. Akhirnya semoga saja dengan fasilitasi DPRD KBB menemukan solusi terbaik. Wassalam. Pengamat Djamu Kertabudhi. *****