Kadis LH KBB Turun Langsung, Sapu Bersih Sampah Liar

oleh -210 views

CILILIN—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB membuat gebrakan. Sampah liar di sepanjang Jembatan Congeang, Desa Batulayang, Kecamatan Cilin disapu bersih oleh tim kebersihan DLH yang melibatkan para aktivis lingkungan.

“Kita akan langsung eksekusi sampah-sampah ini,” ujar Kepala Dinas LH, Apung Hadiat Purwoko di lokasi, Rabu (12/5/2019).

Pencehahan perlu dilakukan agar tidak ada lagi sampah liar menumpuk di KBB. “Kami melibatkan juga masyarakat untuk ikut melakukan pengawasannya,” tuturnya.

Tidak hanya pengawasan. Membuat efek jera pelaku pembuangan sampah liar, pihaknya tengah merancang peraturan derahnya. “Pak bupati sudah intruksikan itu. Namun sebelum perda itu terbit kita menyosialisasikan dengan melibatkan aparatur desa rt, rw juga dari dinas-dinas terkait,” tandasnya.

Sementara itu, volume sampah yang berhasil diangkut oleh UPT Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat mencapai 52 ton selama lebaran. Sampah tersebut bersumber dari konsumsi masyarakat serta sampah di pasar tradisional yang terjadi sejak malam takbiran hingga akhir liburan kemarin.

“Yang paling tinggi justru pada malam takbiran mencapai 40 ton yang berada di tiga wilayah mulai dari Lembang, Padalarang dan Batujajar. Sisanya 12 ton itu pada libur lebaran sejak Kamis (6/6/2019) hingga Minggu (9/6/2019) atau per hari mencapai 3 ton khusus di jalur protokol Lembang,” kata Kepala UPT Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup KBB, Rudi Kuntadi. *****