Pemimpin Merakyat, Tanpa Gengsi Bupati Umbara Bersama Istri Bersihkan Sampah di Pinggir Jalan

oleh -55 views

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna pemimpin yang merakyat. Tanpa gengsi, tumpukan sampah yang berada di ping­gir jalan tepatnya di depan objek wisata De Ranch, Ke­camatan Lembang membuat Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna bersama sang istri Yuyun Yuningsih Um­bara secara spontan melaku­kan aksi bersih-bersih sampah Minggu (9/6), saat keduanya sedang berolahraga pagi.

Menurut Umbara, aksi spon­tan bersih-bersih sampah tersebut bertujuan untuk menciptakan kebersihan ling­kungan, memberikan kenya­manan kepada masyarakat dan juga menjaga keindahan lingkungan.

”Kebetulan saya dengan istri lagi jalan santai dan melihat banyak sampah, makanya kami bersihkan, ini aksi spon­tan,” kata Umbara.

Umbara menyebutkan, aksi bersih-bersih tersebut juga sekaligus memberikan pemahaman kepada masy­arakat dan pengunjung objek wisata, agar bisa hidup tertib salah satunya dengan men­jaga kebersihan lingkungan­nya.

Apalagi, kata dia, masih ba­nyak masyarakat dan peng­unjung objek wisata terutama di kawasan Lembang, yang masih membuang sampah di sembarang tempat, sehingga terkesan kumuh dan kotor. Padahal, ini merupakan salah satu tempat berwisata.

”Kami berharap kesadaran masyarakat atau pengunjung yang datang ke objek wisata bisa menjaga kebersihan ling­kungan terutama tidak mem­buang sampah sembarangan karena ini juga untuk kenya­manan bersama,” imbuhnya.

Umbara juga menginginkan perilaku masyarakat yang belum paham betul akan makna kebersihan, bisa di­rubah agar kebiasan buruk membuang sampah semba­rangan bisa dihentikan. ”Da­ri aksi spontan ini masyarakat bisa tergugah dan lebih pe­duli lagi terhadap lingkungan­nya, lebih sadar serta lebih tertib,” harapnya.

Hal yang sama diungkapkan Yuyun yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Barat. Dia menjelaskan, bahwa se­bagai warga negara yang baik harus menanamkan perilaku yang peduli terhadap kein­dahan lingkungan.

”Saya merasa terpanggil untuk melakukan aksi ini secara spontan, dan men­goreksi perilaku yang tidak tertib (buang sampah sem­barangan). Lingkungan ini harus kita jaga bersama agar lebih indah dan sehat,” tan­dasnya. ***