Pleno KPU KBB Hasil Pileg Besok, Berkarya Keukeuh Menolak

oleh -283 views

NGAMPARAH–Babak baru akan dimulai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan mengumumkan perolehan kursi DPRD KBB hasil Pileg 2019 lalu.

Pengumuman melalui rapat terbuka KPU yang akan dilaksanakan Senin (22/7/2019) bertempat di Parahyangan Golf Gedung Pacamirah Jalan Saridewata No 1 Komplek Kota Baruparahyangan.

Seiring dengan itu, Partai Berkarya KBB keberatan atas penetapan pleno terbuka KPU KBB pada hasil pileg 2019 yang akan dilaksanakan besok.

Alasannya, agenda penetapan perolehan suara parpol dan penetapan calon terpilih dilakukan paling lambat 3 hari setelah penetapan atau putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dibacakan.

“Tapi KPU tetap menuntaskan rapat pleno sebelum MK membacakan putusan atau penetapan dismisal. Untuk itu, kita melayangkan protes terhadap KPU dan meminta KPU  menunda atau membatalkan rapat pleno penetapan peroleh suara parpol dan calon terpilih sebelum ada kepastian dari KPU RI setelah putusan MK dibacakan,” ujar Ketua DPD Partai Berkarya KBB Yayat Suheriyadi Wowor kepada wartawan,  Minggu (21/7/2019).

Menurut Yayat, berdasarkan surat dari MK nomor 544/Sid.Put/DPR-DPRD/PAN.MK/07/2019, pada Senin (22/7/2019) besok, Partai Berkarya diundang untuk menghadiri persidangan dengan agenda pengucapan putusan/ketetapan di ruang sidang lantai 2 gedung MK Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, perihal perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang di dalamnya termasuk hasil Pileg di KBB.

“Artinya urusan PHPU saja belum selesai, bagaimana mungkin KPU bisa melaksanakan rapat pleno besok. Sudah sangat jelas amanat KPU RI nomor 986/PL.01.09-SD/D3/KPU/VII/2019, tentang Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Hasil Pileg 2019, agar KPU kabupaten/kota di daerah untuk menunda rapat pleno sebelum ada surat putusan dari Panitera MK tentang PHPU,” tandas Yayat. ***