Dipernakan KBB Siapkan 3000 Vaksin Rabies Gratis

oleh -73 views

NGAMPARAH- Sebanyak 3000 vaksin rabies gratis disiapkan Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB). Hal tersebut sebagai antisipasi penularan penyakit rabies dari hewan peliharaan terhadap manusia.

Hewan apa saja sasaran vaksin itu? Kepala Dispernakan KBB, Unang Husni Tamrin didampingi Kepala Seksi Kesehatan Hewan Wiwin Aprianti memgatakan, vaksin diberikan kepada anjing, kucing, dan kera. “Kita telah menyediakan sekitar 4000 paket anti rabies,” ujar Unang di kantornya, Kamis (5/9/2019)

Unang menyebutkan, keberadaan hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, dan kera populasinya semakin meningkat di wilayah KBB. “Kalau tidak segera diatasi dengan vaksinasi maka bisa mengancam tertular pada manusia yang mengakibatkan kematian,” jelas Unang.

Selain melakukan vaksinasi dengan menerjunkan empat dokter hewan dan 14 medis, pihaknya juga sering memberikan pemahaman dengan sosialisasi pada pemilik hewan peliharaan. Dengan harapan, semakin banyak hewan peliharaan di vaksin virus rabies, semakin banyak juga masyarakat yang terlindungi dari virus rabies. “Mudah-mudahan dari populasi 4000 bisa mencapai target 3000 hewan atau 70 persen,” sambung Wiwin. (Buhori)