Renovasi Mesjid Kampung Bersama Bupati, Baznas KBB Keluarkan Anggaran Rp 200 Juta/Bulan

oleh -123 views

PADALARANG— Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Bazanas) Kabupaten Bandung Barat, Drs KH Hilman Fariz mengatakan, renovasi mesjid kecil yang direncanakan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, dananya mengambil dari zakat. “Direncanakan 10 mesjid dalam sebulan untuk direnovasi,” kata Hilman kepada redaksi, Selasa (3/9/2019).

Besaran anggaran renovasi mesjid itu Hilman menyebutkan, Rp 15 juta-Rp 20 juta tergantung dari kelayakan mesjid yang akan direnovasi. “Pak bupati sendiri bilang akan ikut dalam proses rehab mesjid nantinya,” ungkapnya.

Baznas sendiri mengeluarkan anggaran dana untuk renovasi mesjid tersebut sekitar Rp 200 juta sebulan. “Tentunya kami mengapresiasi program dari bupati salah satunya agamis yang tertuang dalam visi misi Bandung Barat Lumpaaat,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna bakal merenovasi sejumlah mesjid kampung yang berada di 165 desa 16 kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tentunya, renovasi mesjid kampung berdasarkan ajuan dari masyarakat, dan akan dilihat dulu kelayakan mesjid tersebut. “Nanti setelah saya pulang dari Mekah sekitar bulan Oktober- November,” kata Umbara di Lembang belum lama ini.

Renovasi mesjid kampung menggunakan dana zakat dari Baznas KBB. “Setiap bulan 10 mesjid di tiap kecamatan,” sebut Umbara.

Sedangkan anggaran untuk renovasi mesjid tersebut sekitar Rp 15 juta- Rp 20 juta per mesjid. “Sasarannya mesjid-mesjid kampung di gunung-gunung. Nantinya kita kerja bakti massal bersama masyarakat, pihak desa, kecamata soal matrialnya kita siapkan,” tuturnya.

Bagi masyarakat yang hendak mesjidnya dibedah oleh Pemkab Bandung Barat, bisa mengusulkan lewat Majelis Ulama Indonesia (MUI) desa lantas MUI desa mengulkan ke kecamatan hingga akhirnya diajukan kepada dinas terkait di Pemkab Bandung Barat. ****